Blogroll

Senin, 08 Oktober 2012

teknik menyusun kayu untuk membuat api unggun

ada lanjutan nih dari artikel sebelumnya yang judulnya api, api, api unggun,
ingin ya membuat api unggun, tapi bagaimana sih cara menyusun kayu kayu untuk api unggun?

Nah, ini dia cara-cara menyusun kayu untuk membuat api unggun. Untuk menyusun api unggun ada macam macam bentuknya, ada yang langsung di tumpuk, dsb. Disini dicoba di paparkan mengenai beberapa cara menyusun kayu untuk membuat api unggun.

a. susunan piramida

susunan seperti ini paling banyak digunakan untuk membuat api unggun, karena kayu yang telah menjadi bara tidak akan langsung roboh. susunan piramida ini sangat mudah, dengan menyusun sejajar 2 pasang kayu yang besar-besar untuk pondasi paling bawah dari susunan kayu, lalu di tumpuk di atasnya dengan arah yang berbeda, tumpuk terus hingga rongga di tengah sudah cukup kecil, lalu di isi kayu-kayu yang didirikan di tengah-tengah susunannya. berikut sedikit gambar untuk tipe susunan piramida.




b. susunan kerucut

susunan ini juga paling banyak digunakan, akan tetapi saat menyusunnya terdapat kesulitan untuk membuat kayu-kayu saling menahan agar dapat berdiri seperti mengerucut. kayu-kayu dijajarkan membentuk lingkaran dan nampak mengerucut. Biasanya susunan kerucut ini setelah kayu menjadi bara, akan langsung roboh, karena tumpuannya tidak ada yang bisa untuk menahan kayu yang belum menjadi bara untuk tetap berdiri.



c. susunan tumpuk

susunan ini paling mudah, namun paling sulit membuat nyala api cepat membesar, karena rongga udara untuk proses pembakaran sangat kecil. Untuk membuat api cepat membesar diperlukan bahan baku kayu yang sudah rapuh dan kering, namun kayu akan cepat habis terbakar dan menjadi bara. Jika kayu keringnya kayu keras, diperlukan pemantik (minyak, atau bahan baku cair yang mudah terbakar).



susunan lainnya





Sudah tahu kan kawan kawan cara untuk menyusun kayu api unggun??

nah, kalau sedang berkemah di Hutan, ingin membuat api unggun, namun kawan-kawan tidak membawa bahan bakar cair seperti minyak tanah, gasoline, oil, spirtus, atau bahan lainnya yang mudah terbakar. Bagaimana cara menyalakan api nya??

sebenarnya mudah-mudah sulit untuk menyalakan api nya. yang terpenting membawa "korek api" atau pemantik api, kalau tidak bawa pemantik api? yaaa kita kembali ke zaman dimana pemantik belum di buat, yaitu dengan menggesekkan 2 buah kayu kering, atau dengan batuan grranit yang di adu. Untuk minyak / bahan baku cair yang memudahkan menyalakan api nya?? hmmm ada beberapa tumbuhan yang menghasilkan getah yang dapat dengan mudah dibakar, contohnya kayu putih dan pinus. untuk mengambil getah minyaknya diperlukan menyobek kulit kayu yang sudah cukup tua, namun belum kering, lalu di hancurkan (di tumbuk, atau dipuntir) agar getahnya keluar. Dengan getah kayu ini, dapat membantu menyalakan api.

0 komentar:

Posting Komentar